Hubungi Kami
Dengan WhatsApp

Yan Nugroho Ecosystem Manager

Mitos atau Fakta, Makan Malam Bikin Tubuh Cepat Gemuk

Sep 16, 2022

“Kalau lagi diet, sebaiknya tidak makan malam karena membuat Anda cepat gemuk.”

Mungkin diantara Anda pernah mendengar ucapan seperti diatas. Jadi tak heran kalau banyak orang Indonesia melewatkan makan malam dengan alasan tersebut. Tentu saja anggapan ini hanyalah MITOS. Sebab, bukan makan malamnya yang membuat tubuh Anda jadi cepat gemuk, melainkan waktu makan malam dan makanan apa yang Anda konsumsi pada malam hari.

Oleh karena itulah, jika sampai saat ini Anda masih menghindari makan malam, sebaiknya pertimbangkan kembali cara diet Anda. Pasalnya, melewatkan makan malam dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda, terutama bagi Anda penderita sakit maag atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Apa saja bahaya tidak makan malam, kapan waktu terbaik untuk makan malam, serta bagaimana cara makan malam supaya tetap sehat? Temukan jawaban Anda pada artikel berikut ini.

Bahaya Melewatkan Makan Malam

Dalam Health Seminar yang diadakan oleh KlikDNA, dokter spesialis gizi klinik, dr. Mulianah Daya, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K mengungkapkan bahwa melewatkan makan malam dengan tujuan menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal hanya akan membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Inilah beberapa bahaya melewatkan makan malam bagi kesehatan tubuh.

  1. Metabolisme Tubuh Melambat

Kebiasaan menghindari makan malam yang dilakukan dalam jangka panjang akan menyebabkan metabolisme tubuh Anda jadi lambat dan melemah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tidak adanya makanan yang dapat dibakar menjadi energi. Metabolisme tubuh yang lemah dapat menghambat penurunan berat badan. 

  1. Berisiko Meningkatkan Asam Lambung

Melewatkan makan malam dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan sakit maag. Dan, bila Anda langsung tidur setelah makan malam maka berhati-hatilah karena GERD Anda dapat kambuh. 

  1. Lebih Mudah Menaikan Berat Badan

dr. Mulianah menjelaskan bahwa melewatkan makan malam dapat membuat lambung Anda menjadi kosong. Ketika lambung dalam keadaan kosong, lambung akan mengirimkan sinyal ke otak, “Aduh, lapar banget nih, saya butuh makan!” dan saat Anda makan pagi atau siang rasa laparnya akan meningkat menjadi dua kali lipat. Keadaan inilah yang biasa dikenal dengan overeating.

  1. Hormon Ghrelin Meningkat

Ghrelin adalah hormon yang akan mengirimkan sinyal rasa lapar ke otak. Dimana kadar hormon ghrelin dapat meningkat saat perut Anda sedang kosong. Sebaliknya, ketika perut Anda terisi maka produksi hormon ghrelin akan berkurang.

Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Malam?

dr. Mulia mempertegas bahwa makan malam tidak akan membuat gemuk asalkan Anda tahu waktu terbaik untuk makan malam. Waktu makan malam dianjurkan dr. Mulia yaitu 3-4 jam sebelum tidur. 

Mengapa demikian? Supaya memberikan waktu untuk makanan dicerna dan dibakar menjadi energi.. Energi inilah yang akan digunakan oleh tubuh Anda untuk proses metabolisme saat Anda tertidur.

“Jadi jangan berpikir, waktu tidur tubuh kita tidak bekerja, justru itu metabolisme paling tinggi. Istilahnya di jam 1 atau 2 pagi itu hormon pertumbuhan lagi tinggi-tingginya.” Tambah dr. Mulia.

Tips Diet Tepat Agar Tubuh Ideal

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal, maka diet yang sesuai dengan profil genetik Anda adalah pilihan yang tepat. Tentunya Anda harus tahu kalau jenis diet setiap orang tidak bisa disamakan, bahkan ketika Anda memiliki berat badan atau kondisi tubuh yang sama sekalipun. 

Diet Anda dengan orang lainnya pasti akan berbeda. Inilah alasannya mengapa Anda perlu memilih diet yang sesuai dengan profil genetik Anda. Misalnya, seseorang dengan gen FABP2 (Alel A) lebih sensitif terhadap karbohidrat sederhana. Maka cara diet paling tepat adalah diet rendah karbohidrat.

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mempersonalisasikan diet Anda yaitu dengan melakukan tes DNA. Dengan tes DNA inilah Anda akan mengetahui respon tubuh terhadap berbagai jenis nutrien dan dapat mengetahui jenis diet yang tepat untuk tubuh Anda dari profil genetik. Perusahaan KlikDNA telah menyediakan alat pengambilan sampel DNA berupa DNA Key.

Setelah mengetahui profil genetik, Anda pun bisa mengikuti program diet dari KlikDNA yaitu Genomic Diet. Dimana inilah diet untuk mendapatkan TUBUH SEHAT IDEAL SEUMUR HIDUP.

Tertarik mencobanya? Anda bisa mendaftarkan diri Anda langsung ke customer support KlikDNA di nomor 0816307362 atau email support@klikdna.com. Ayo, ikutan programnya dan dapatkan tubuh sehat ideal yang Anda inginkan!