Hubungi Kami
Dengan WhatsApp

Yan Nugroho Ecosystem Manager

Benarkah Tes DNA Bisa Deteksi Kesehatan Seseorang?

Jun 24, 2021

Kenapa pemeriksaan profil DNA atau tes DNA sangat penting dilakukan? Tentu saja karena dengan DNA profiling maka kita dapat mengetahui blueprint atau manual book tubuh kita. Yang paling umum diketahui, dengan DNA profiling, kita dapat mengetahui informasi ancestry atau garis keturunan kita.

Bukan hanya mengetahui garis keturunanmu saja, namun dengan tes DNA kamu bisa mendapatkan informasi untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Ingin tahu lebih lanjut apa saja manfaat bagi kesehatan? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Tes DNA Bagi Kesehatan

Melalui Health Seminar dari KlikDNA, Dokter Spesialis Farmakologi Klinik, dr. Lonah, Sp.FK menyampaikan bahwa kita akan mendapatkan banyak manfaat dari tes DNA. Pasalnya dengan tes DNA seseorang akan mengetahui profil kesehatan dan beberapa risiko penyakit, sehingga dapat meminimalisir risikonya.

Kondisi kesehatan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor genetik dan faktor lain, seperti gaya hidup dan faktor lingkungan. Namun faktor tersebut masih bisa dikendalikan dengan melakukan gaya hidup sehat. 

Lalu bagaimana dengan faktor genetik? Tentu saja kamu tidak bisa mengendalikannya, namun dengan tes DNA kamu dapat mengetahuinya dan bisa berusaha untuk menurunkan resikonya dengan perencanaan pola hidup sehat yang sesuai dengan DNAmu.

Berikut risiko penyakit yang dapat kamu ketahui dari tes DNA:

  1. Kelainan Detoksifikasi & Inflamasi
    Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan zat berbahaya atau racun dalam tubuh. Sementara Inflamasi adalah respon sistem imunitas terhadap infeksi bakteri atau virus, serta luka pada tubuh. Melalui tes DNA inilah kamu akan mengetahui apakah kamu memiliki risiko mengalami kelainan detoksifikasi dan inflamasi atau tidak.

  2. Stress Oksidatif
    Stres Oksidatif adalah kondisi dimana jumlah radikal bebas tidak seimbang dengan antioksidan. Radikal bebas bersifat sangat reaktif terhadap molekul lain, sehingga dapat merusak lapisan sel, protein dan juga DNA. Sedangkan antioksidan adalah molekul yang dapat menetralisir radikal bebas. Padahal, agar fungsi tubuh kamu bisa berjalan dengan baik, butuh adanya keseimbangan antara kadar radikal bebas dan antioksidan. Stres Oksidatif tidak menimbulkan gejala, tetapi apabila kondisi ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, akan meningkatkan resiko berbagai macam penyakit seperti hipertensi, aterosklerosis, diabetes melitus, gagal jantung, stroke, kanker, percepatan penuaan dan lain-lain.

  3. Kesehatan Tulang
    Menurut dr. Lonah, hasil dari tes DNA menginformasikan apakah kita berisiko rendah, sedang, atau bahkan tinggi mengalami masalah tulang. Ditambah lagi masalah kesehatan tulang dapat terjadi karena beberapa faktor seperti genetik, nutrisi, usia, jenis kelamin, dan masih banyak lagi. Apabila kamu sudah menemukan cara terbaik untuk mengatasi atau meminimalisir masalah tersebut, maka kamu dapat menjalankan aktivitas dengan normal, tanpa terganggu.

  4. Haemochromatosis
    Haemochromatosis atau yang biasa dikenal dengan kelebihan zat besi merupakan suatu kondisi dimana konsentrasi zat besi di dalam tubuh melebihi batas ambang wajar. Hemokromatosis turunan adalah kelainan genetik yang menyebabkan tubuh menyerap zat besi secara berlebihan. Zat besi yang berlebihan akan disimpan di organ-organ tubuh seperti hati, jantung, dan pankreas yang kemudian dapat menjadi racun bagi organ tersebut.

  5. Metabolisme Alkohol
    Ketika mendengar kata alkohol, mungkin kamu akan berpikir Wine, Bir, Vodka, Wiski, atau sebagainya. Namun nyatanya, kandungan alkohol juga berasal dari makanan yang melewati proses fermentasi, seperti anggur, tapai beras ketan, tapai singkong, dan lain sebagainya.

Bagi dr. Lonah ada beberapa orang dengan genetik tertentu akan merasa mual, muntah hebat, gatal-gatal, eksim pada seluruh kulit, pembengkakan pada wajah, hingga nyeri perut ketika mengonsumsi alkohol. Dengan mengetahui profil DNA kamu bisa mengetahui tingkat metabolisme alkohol dalam tubuhmu dan menghindari efek samping yang dapat terjadi saat mengkonsumsi alkohol.

Jalankan Hidup Sehat Sesuai Profil DNA

Namun jangan khawatir bagi kamu yang takut akan jarum suntik. Pasalnya, KlikDNA menyediakan alat pengambilan sampel DNA yang dapat kamu lakukan secara mandiri dan tanpa rasa sakit.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai alat pengambilan sampel DNA dari KlikDNA dan prosedurnya, bisa tanyakan langsung ke customer service KlikDNA di nomor 0816307362 atau di email support@klikdna.com.

Pada dasarnya, tes DNA akan mengungkapkan berbagai risiko penyakit yang bisa terjadi pada dirimu. Dengan begitu kamu dapat melakukan perubahan gaya hidup lebih baik maupun melakukan tindakan preventif atau pencegahan.