Hubungi Kami
Dengan WhatsApp

Yan Nugroho Ecosystem Manager

Jangan Asal Tiru, Begini Cara Tentukan Diet yang Cocok!

Oct 04, 2021

Memiliki berat badan ideal yang sehat adalah impian bagi semua orang, baik laki-laki maupun wanita. Maka tak heran, cara apapun akan dilakukan, mulai dari mencoba diet rendah karbohidrat, diet rendah lemak, diet mediterania, bahkan meniru program diet yang katanya manjur. 

Ketika mengetahui berita tersebut, tentu Anda langsung mencoba jenis diet yang sama. Bahkan Anda juga menjalankan kebiasaan, gaya hidup, makanan yang dikonsumsi, dan jumlah nutrisi yang serupa. Namun hasilnya, jenis diet tersebut tidak memberikan efek yang serupa pada tubuh Anda.

Untuk itulah, Anda jangan asal meniru diet orang lain. Sebab, tak sedikit orang melakukan diet yang tidak tepat dan berakibat fatal bagi kesehatannya. Lalu, bagaimana menentukan diet yang cocok dan tidak membahayakan tubuh?

Beda Gen, Beda Nasib

Penyebab dari ketidakcocokan jenis diet Anda dan orang lain bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor gaya hidup, pola makan, jumlah kebutuhan nutrisi Anda, tingkat stress, dan status kesehatan Anda sekarang.

Bukan hanya itu, penyebab lain dari gagalnya diet yang Anda lakukan adalah faktor genetik. Seperti yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Ilmu Gizi Klinik pada acara Health Seminar dari KlikDNA, dr. Larry Tumalun, M.Gizi, Sp.GK bahwa varian gen yang Anda miliki akan menentukan jenis diet dan health outcome seseorang.

Oleh sebab itulah, Anda disarankan untuk menentukan jenis diet yang sesuai guna mendapatkan berat badan yang ideal. Dimana pada zaman sekarang salah satu jenis diet yang mulai dilakukan adalah diet berdasarkan profil genetik Anda.

Diet Sesuai Gen Anda

Diet gen adalah diet yang didasarkan dari hasil pemeriksaan genetik Anda dan digabungkan dengan ilmu Nutrisi atau nutrigenomik. Dokter Larry juga menambahkan kalau pemeriksaan nutrigenomik menjadi salah satu inovasi baru yang menghubungkan antara faktor genetik dengan nutrisi atau makanan yang dikonsumsi oleh seseorang.

Dokter Larry juga menjelaskan bahwa orang dengan kebiasaan diet yang tidak sehat dalam jangka panjang akan berdampak buruk di kemudian hari. Nah, dengan pemeriksaan nutrigenomik inilah Anda dapat mengetahui risikonya sebelum dampak buruk itu terjadi dan menimpa Anda, sehingga sebelum Anda memutuskan program diet, maka Dokter Larry menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan profil genetik terutama nutrigenomik. 

Baginya, ketika Anda sudah mengetahui profil DNA, maka Anda akan mengetahui tingkat toleransi gaya hidup yang kurang baik terhadap tubuh Anda. Selain itu, ketika hasilnya diketahui, Anda harus tetap menjaga pola makan dan melakukan semuanya dengan senang hati. Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap sehat meski Anda menjalankan program diet.

Baca Juga: Personalisasikan Olahraga Melalui Profil DNA

“Biarpun orang sudah tahu varian gennya dan sudah makan atau melakukan jenis diet yang sesuai, tapi kalau Anda tidak lakukan dengan senang hati maka hasilnya akan sama saja.” Ucap Dokter Larry.

Bagaimana Saya Mengetahui Profil DNA-nya?

Beberapa belakangan ini, tes DNA ramai diperbincangkan karena menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengetahui risiko suatu penyakit, menentukan gaya hidup yang sesuai, dan pastinya untuk mengetahui jenis diet Anda.

Dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil penurunan atau kenaikan berat badan yang optimal tanpa harus menurunkan tingkat kesehatan Anda. 

Dengan mengetahui profil DNA maka Anda dapat mengetahui jenis diet yang sesuai. Bahkan, Anda tidak lagi kekurangan nutrisi ketika menjalankan program diet atau mengubah gaya hidup sehat berdasarkan genetik Anda.

Lalu pertanyaannya, bagaimana Anda bisa mengetahui profil DNA? Nah, saat ini sudah ada alat pengambilan sampel DNA yang tidak invasif, yaitu DNA Key dari KlikDNA.

Buat kamu yang mau tahu lebih lanjut mengenai alat pengambilan sampel DNA, yaitu DNA Key dari KlikDNA, bagaimana cara mendapatkannya, panduan menggunakannya, dan prosedur lainnya, bisa tanyakan langsung ke customer service KlikDNA nomor 0816307362 atau melalui email kami di support@klikdna.com.

Yakin diet yang kamu lakukan sudah tepat dan nggak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan? Nah, tunggu apalagi? Mulailah ambil DNA Key mu sekarang!