Hubungi Kami
Dengan WhatsApp

Yan Nugroho Ecosystem Manager

Personalisasikan Olahraga Melalui Profil DNA

Jun 24, 2021

Seringkali Anda mendengar cerita, “Saya dan teman saya mulai merencanakan olahraga demi mendapatkan tubuh yang ideal. Kemudian kami mengatur waktu untuk berolahraga, mengikuti instruksi latihan dari pelatih yang sama, dan mulai mengonsumsi makanan sehat dengan resep yang sama juga. Namun mengapa setelah 2 minggu teman saya berhasil dapatkan tubuh idealnya, sementara saya tidak?

Dari satu individu ke individu lainnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik bentuk fisik, jenis olahraga, latihan fisik, durasi olahraga, dan risiko cedera otot yang dimiliki. Tentu saja banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut.

Beberapa faktor yang membuat perbedaan tersebut, seperti faktor lingkungan, faktor makanan, dan faktor genetik. Dimana faktor genetik memiliki peranan penting dalam menentukan cara tubuh merespon olahraga yang Anda lakukan.

Maka jangan heran, jika Anda dan teman Anda memiliki efek yang berbeda ketika melakukan kegiatan olahraga yang sama. Bahkan anak kembar pun mempunyai jenis olahraga yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis olahraga, durasi olahraga, dan waktu pemulihan yang sesuai dengan profil DNA Anda.

Lalu bagaimana mempersonalisasikan olahraga sesuai genetik Anda? Yuk temukan jawabannya pada artikel berikut ini.

Hubungan Olahraga dan Genetik Seseorang

Dokter spesialis Ilmu Rehabilitasi Medik, dr. Bona Anggi Pardede, Sp.KFR, M.Ked.Klin, menyampaikan bahwa ilmu yang mempelajari hubungan antara olahraga dan genetik disebut dengan istilah ‘Sportgenomik’.

Sebuah studi yang mempelajari bagaimana genetik dapat mempersonalisasikan olahraga seseorang. dr. Bona juga menambahkan bahwa sebetulnya ilmu sportgenomik sudah banyak digunakan oleh para atlet yang ingin mengikuti olimpiade.

Sportgenomik bisa digunakan untuk screening potensi atlet. Misalnya, sekelompok pemain bola diteliti dan ternyata hasilnya cocok untuk berlari dan sebagainya.” Ucap dr. Bona pada acara Health Seminar yang diadakan oleh KlikDNA.

Lebih lanjut dr. Bona menjelaskan bahwa tes DNA dapat mengungkapkan kemampuan olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan. Apakah cocok melakukan latihan power atau endurance? 

  1. Latihan Kekuatan (Power)
    Latihan power diperuntukkan bagi Anda yang unggul dalam melakukan olahraga yang menggunakan kekuatan. Hal ini dikarenakan Anda memiliki lebih banyak fast-twitch muscle yang efektif dalam menghasilkan tenaga yang besar.
  2. Latihan Daya Tahan (Endurance)
    Latihan endurance ditandai dengan adanya kontraksi isotonik yang berulang oleh beberapa grup otot skeletal. Anda disarankan untuk melakukan olahraga seperti, berjalan, berlari, menaiki tangga, berkebun, atau olahraga lainnya.

Dengan mengetahui profil DNA, Anda akan menemukan rekomendasi olahraga yang sesuai profil DNA dan mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, Anda akan lebih mudah meningkatkan daya tahan tubuh dengan durasi olahraga yang sesuai.

Temukan Olahraga yang Cocok Dengan DNA Key

Karenanya, akan lebih baik jika Anda melakukan tes DNA untuk menemukan potensi atletik, seberapa besar risiko cedera otot tendon saat berolahraga, kapan waktu yang baik untuk berolahraga, maupun waktu pemulihan setelah berolahraga. 

Untuk dapat melakukan pengambilan sampel DNA, Anda bisa menggunakan DNA Key dari KlikDNA. Dengan DNA Key, Anda bisa mengambil sampel DNA secara mandiri dari rumah saja. Sehingga akan sangat aman untuk dilakukan, karena tidak berisiko tertular COVID19 terlebih saat varian Delta sedang menyebar luas.

Bagaimana Jika Jenis Olahraganya Tidak Anda Sukai?

Saat hasil tes DNA sesuai dengan jenis olahraga yang disukai mungkin Anda tidak akan kebingungan. Bagaimana bila Anda menyukai olahraga angkat beban, akan tetapi hasilnya Anda lebih cocok olahraga jenis daya tahan seperti jogging? Lalu jenis olahraga apa yang seharusnya Anda ikuti, lebih baik mengikuti genetik atau olahraga yang Anda sukai?

Menurut dr. Bona, profil DNA dapat membantu kita untuk menemukan olahraga yang lebih sesuai dengan profil otot, kekuatan tendon, dan lain sebagainya. Akan sangat beruntung kalau ternyata olahraga yang Anda lakukan dan senangi adalah olahraga yang sesuai dengan profil DNA Anda.

Tentu saja profil DNA tidak membatasi Anda untuk tetap melakukan olahraga yang Anda gemari. Malah sebaliknya, akan membantu Anda untuk mengetahui pola olahraga yang sesuai, tipe olahraga yang cocok untuk kita, dan waktu terbaik untuk Anda berolahraga.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai alat pengambilan sampel DNA dari KlikDNA dan prosedurnya, bisa tanyakan langsung ke customer service KlikDNA di nomor 0816307362 atau di email support@klikdna.com.

Namun bila Anda ingin perencanaan target berjalan dengan baik dan optimal, maka Anda disarankan untuk melakukan jenis dan durasi olahraga yang sesuai dengan profil DNA Anda. Dengan begitu Anda dapat mencapai target dan mengoptimalkan efek dari olahraga tersebut.