Hubungi Kami
Dengan WhatsApp

Yan Nugroho Ecosystem Manager

Genomic Diet Sehatkan Tubuh dan Membantu Capai Berat Badan Ideal

May 17, 2022

Sudah pernah coba diet apa saja untuk menurunkan berat badan? Diet paleo? Diet keto? Diet dukan? Diet atkins? Diet vegan? Atau tren diet lainnya yang mungkin pernah Anda coba. Setelah mencoba semua jenis diet, berat badan Anda pasti turun, namun tanpa disadari diet ekstrem dan diet yang salah dapat memberikan efek jangka panjang yang buruk untuk kesehatan tubuh Anda.

Mengapa demikian?

Ini dikarenakan tubuh tetap membutuhkan nutrisi seimbang dan tubuh setiap orang itu unik, sehingga jenis diet yang cocok untuk masing-masing orang pun berbeda. Setiap orang memiliki profil DNA yang unik, dimana faktor genetik ini akan mempengaruhi bagaimana tubuh merespon nutrisi yang masuk dalam tubuh. Oleh sebab itu, tes DNA menjadi salah satu alternatif untuk membantu menentukan jenis diet yang cocok. Diet sendiri sebenarnya memiliki arti pola makan, sehingga tujuan utama dari diet adalah dengan pola makan yang sehat, maka tubuh akan menjadi sehat dan membantu mendapatkan berat badan ideal.

Menurut dr. Mulianah Daya, M.Gizi, SpGK, AIFO-K, faktor genetik dapat mempengaruhi respon tubuh terhadap nutrisi, dan asupan makanan pun dapat mempengaruhi ekspresi gen dalam tubuh. Sehingga faktor genetik akan berpengaruh dalam menyusun pola makan dan asupan nutrisi yang sesuai dengan tubuh Anda.

Program diet dengan basis profil DNA adalah Genomic Diet.

Apa itu Genomic Diet?

Genomic Diet adalah rekomendasi pola makan komprehensif (menyeluruh) dan personal berdasarkan profil DNA seseorang. Tentunya dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti pola pikir, olahraga, manajemen stress, ketaatan, yang disertai dengan pengawasan dan pembimbingan.

Perlu Anda ingat bahwa tujuan dari Genomic Diet bukan hanya menurunkan berat badan, namun ingin mencapai kesehatan yang optimal. Inilah mengapa selain mendapatkan tubuh ideal, Anda juga bisa menyehatkan tubuh.

Berikut cerita dari Pak Yopi Doris yang pernah mengikuti Genomic Diet, “saya mempraktekkan Genomic Diet dan saya merasakan tidak seperti dalam program diet. Banyak hal yang saya ketahui tentang diri saya sendiri setelah mengetahui profil DNA saya. Dan hasilnya, lingkar pinggang saya berkurang jauh, badan jadi terasa lebih fit, saya bisa berhenti minum obat sakit maag, dan tetap bisa makan dengan nyaman!

Dalam health seminar yang diadakan KlikDNA, dokter spesialis gizi klinik, dr. Mulia menceritakan bahwa contohnya, seseorang dengan variasi genetik tertentu pada gen FABP2 (Alel A) lebih sensitif terhadap karbohidrat simpleks (sederhana) sehingga memiliki kecenderungan mudah gemuk. Maka jangan heran kalau makan satu donat saja bisa menaikkan berat badan Anda.

Contoh lainnya, gen PLIN (Alel A) jika mengonsumsi karbohidrat kompleks lebih dari 144 gram per hari memiliki kecenderungan penurunan berat badan yang lebih signifikan. “Inilah mengapa Genomic Diet bisa bersifat sebagai tindakan preventif (pencegahan). Dengan mengetahui profil DNA Anda, aplikasinya seperti apa, maka risiko obesitas bisa Anda cegah.” Tambah dr. Mulia.

Tubuh Sehat Ideal Seumur Hidup

Dengan mengikuti Genomic Diet, pengaturan pola makan menjadi lebih seimbang dan kebutuhan nutrisi tubuh Anda jadi terpenuhi. Terlebih lagi jumlah asupan makronutrien (nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar sebagai sumber energi, seperti karbohidrat) dan mikronutrien (zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil untuk menjalankan fungsi tubuh, seperti vitamin dan mineral) sangat diperhatikan. Sehingga tubuh sehat ideal bisa Anda miliki seumur hidup dan tidak YOYO (naik turun berat badannya).

Anda akan menerima meal plan dari dokter spesialis gizi klinik tentang menu makanan yang disarankan, beserta jumlahnya. Bahkan jenis dan porsi olahraga juga direkomendasikan sesuai profil DNA Anda. 

Untuk memulai Genomic Diet, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Perbaiki pola pikir Anda tentang diet.
  2. Miliki tujuan yang jelas.
  3. Ketahui profil DNA Anda.
  4. Ketahui kondisi Anda saat ini.
  5. Dapatkan meal plan dari dokter spesialis gizi klinik.
  6. Masuk dalam komunitas KlikDNA.

Nah, untuk mengetahui profil DNA Anda bisa menggunakan alat pengambilan sampel DNA dari KlikDNA, yaitu DNA Key. Untuk mengambil sampel, dapat Anda lakukan secara mandiri dimanapun Anda berada. Pengambilan sampelnya juga mudah, tidak sakit, dan bisa untuk segala usia sehingga Anda tidak perlu takut.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai alat pengambilan sampel dari KlikDNA dan prosedurnya, bisa tanyakan langsung ke customer support KlikDNA di nomor 0816307362 atau email support@klikdna.com.

Cari tahu profil DNA Anda dan ikuti Genomic Diet untuk mendapatkan tubuh sehat ideal seumur hidup, bukan sementara waktu. Ambil DNA Key Anda sekarang!