Hubungi Kami
Dengan WhatsApp

Yan Nugroho Ecosystem Manager

Berat Badan Turun 10 kg Dalam Sebulan, Normalkah?

Jul 22, 2022

Turun berat badan dengan cepat, bahkan hingga 10 kg dalam sebulan adalah target yang diinginkan banyak orang. Apalagi kalau ada momen penting yang akan dilewati, seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan lainnya. Selain itu, menurunkan berat badan juga dilakukan oleh mereka yang bermasalah dengan bentuk tubuh tidak proporsional atau mereka yang mengalami obesitas (kegemukan) sehingga terobsesi ingin “berdiet”.

Orang-orang yang terobsesi ingin diet dengan hasil yang tidak realistis ini menjadi ‘sasaran empuk’ bagi penjual obat diet. Pasalnya, mereka rela melakukan cara apapun, termasuk menjalankan diet ekstrem, melupakan karbohidrat, melewatkan makan malam, maupun mengonsumsi banyak pil pelangsing.

Namun coba Anda pikirkan, jenis diet seperti itu tentu sangat menyiksa dan hasilnya tidak akan bertahan lama. Sebab, berat badan Anda turun bukan karena lemak yang berkurang, melainkan air dalam tubuh yang berkurang. Tentu saja berat badan yang turun drastis menandakan ada yang salah dengan kesehatan Anda. Jadi, kalau turun sampai 10 kg atau lebih dalam sebulan, berarti Anda harus mengevaluasi lagi pola diet dan status nutrisi Anda.

Penyebab Berat Badan Turun Terlalu Cepat

Mengutip dari alodokter.com (2022), penurunan berat badan yang terlalu cepat menjadi tanda memburuknya kesehatan Anda. Salah satunya adalah malnutrisi, suatu kondisi dimana tubuh Anda kekurangan nutrisi untuk menjalankan semua fungsinya. 

Ada juga gangguan lainnya, mulai dari gangguan pada saluran pencernaan, gangguan hormon, penyakit autoimun, gangguan makan (anoreksia dan bulimia), depresi, hingga efek samping dari obat-obatan dapat membuat Anda kehilangan banyak berat badan dalam waktu yang sangat singkat. 

Menurut Kemenkes (2018), adanya penurunan berat badan yang terlalu ekstrem dapat menyebabkan kehilangan sejumlah besar air, elektrolit, mineral, jaringan otot dan protein yang berada di jaringan lemak bebas. 

Hal inilah yang berisiko terhadap terjadinya kelelahan, sembelit, pusing dan sakit kepala, gangguan metabolisme tubuh, imunitas tubuh berkurang, memicu penyakit batu empedu, tulang menjadi rapuh, dehidrasi, terganggunya daya tahan dan keseimbangan elektrolit serta amenorea (berhentinya siklus menstruasi pada wanita).

Lalu mengapa dapat menyebabkan batu empedu? Dokter spesialis gizi klinis, dr. Mulianah Daya, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K melalui Health Seminar menyampaikan bahwa ketika seseorang melakukan diet tanpa lemak dalam jangka waktu yang panjang maka kantung empedu tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga lama kelamaan akan mengeras dan akhirnya menjadi batu.

.....kalau tidak ada lemak sama sekali organ kita tidak bekerja dalam waktu yang lama, enzimnya tidak terpakai, maka lama-lama enzimnya akan mengeras, enzimnya akan mengendap, dan itu di kantung empedu dan akhirnya menjadi batu.” Jelas dr. Mulia.

Baca Juga: Jangan Asal Tiru, Begini Cara Tentukan Diet yang Cocok!

Seperti Apa Penurunan Berat Badan Normal?

Mungkin Anda bertanya-tanya, seperti apakah penurunan berat badan normal? Nah, dalam hal ini dr. Mulia menjelaskan secara teoritis diet yang sehat itu memiliki target penurunan berat badan 0,5 - 1 kg per minggu atau 2 - 4 kg dalam sebulan. Akan tetapi, target penurunan berat badan Anda boleh lebih dari 4 kg asalkan diawasi komposisi tubuhnya oleh dokter spesialis gizi klinis.

Oleh karena itulah, pemilihan diet yang cocok penting dilakukan agar penurunan berat badan Anda normal dan tidak membahayakan kesehatan. dr. Mulia juga menambahkan kalau diet yang paling cocok dan tepat adalah diet yang sesuai dengan genetik Anda.

Salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk menentukan diet yang cocok atau personalisasi diet adalah dengan melakukan tes DNA. Dengan tes DNA, Anda bisa mengetahui profil DNA dan mengenal apa yang terbaik bagi tubuh Anda. Apalagi perusahaan inovatif seperti KlikDNA menyediakan alat pengambilan sampel DNA berupa DNA Key.

Setelah mengetahui profil DNA, Anda pun bisa mengikuti program diet dari KlikDNA yaitu Genomic Diet. Dimana inilah diet tepat yang dapat membantu Anda mendapatkan TUBUH SEHAT IDEAL SEUMUR HIDUP.

Baca Juga: Genomic Diet Sehatkan Tubuh dan Membantu Capai Berat Badan Ideal

Tertarik mencobanya? Anda bisa mendaftarkan diri Anda langsung ke customer support KlikDNA di nomor 0816307362 atau email support@klikdna.com. Ayo, ikutan programnya dan dapatkan tubuh sehat ideal yang Anda inginkan!