Hubungi Kami
Dengan WhatsApp

Yan Nugroho Ecosystem Manager

Bercita-cita Jadi Atlet? Intip 5 Kunci Sukses Dari Ahlinya!

Oct 22, 2021

Kemenangan Ganda Putri Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu pastinya memberikan inspirasi bagi orang-orang yang melihatnya. Apalagi olahraga bulutangkis termasuk yang paling populer. Bahkan salah satu media dari Amerika Serikat, The New York Times, juga mengklaim bulutangkis sebagai olahraga terpopuler di Indonesia terutama sejak 1972.

Maka tak heran, banyak dari Anda yang bercita-cita menjadi seorang atlet profesional seperti atlet sukses lainnya. Ditambah lagi pada saat ini pemerintah Indonesia sangat totalitas dalam memperhatikan atlet-atletnya. Jadi buat Anda yang bercita-cita menjadi atlet, jangan ragu!

Nah, artikel kali ini cocok bagi Anda yang bercita-cita menjadi atlet atau olahragawan sukses. Inilah 5 kunci sukses menjadi atlet langsung dari ahlinya!

#1 Jalani Serangkaian Tes Kesehatan

Dalam Health Seminar KlikDNA, Ketua Komisi Medis NOC Indonesia, DR.dr. Carmen Shiran Yunita Jahja, Sportmed menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang atlet tentunya Anda perlu menjalani serangkaian tes kesehatan. Ini penting mengingat banyak orang yang tidak menyadari kondisi kesehatannya sendiri. Sebab, dibutuhkan tubuh yang sehat dan baik yang dapat menjadi seorang atlet.

dr. Carmen juga menambahkan bahwa tren olahraga bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang bercita-cita menjadi atlet saja. Namun olahraga dijadikan sebagai jalan atau terapi untuk Anda yang ingin mencapai tingkat kesehatan atau kebugaran maksimal.

Baca juga: Benarkah Tes DNA Bisa Deteksi Kesehatan Seseorang?

#2 Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anda

Setelah jalani tes kesehatan, Anda diharuskan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan lebih baik lagi jika sesuai profil DNA Anda. Menurut dr. Carmen, seorang atlet pun memiliki proporsi kebutuhan makanan yang berbeda-beda. 

Bahkan pada atlet sekalipun, proporsi kebutuhan makanan itu tidak sama pada semua atlet atau semua cabang olahraga.” Ucap dr. Carmen pada acara yang dimoderatori Edward Sardjono, CEO dari KlikDNA.

#3 Anda Harus Rutin Berolahraga

Tidak ada yang namanya instan, semua hal yang Anda inginkan pasti membutuhkan proses. Bagi dr. Carmen, Anda harus rutin berolahraga sesuai jenis olahraga maupun komponen biometrik yang terdiri dari power, strength, endurance, speed, flexibility, balance, agility, coordination. Misalnya saja pada olahraga sepak bola terdiri dari kecepatan (speed) 24%, fleksibilitas (flexibility) 15%, kekuatan (strength) 15%, daya tahan (endurance) 30%, dan koordinasi (coordination) 20%. 

#4 Coba Kenali Potensi atau Bakat Anda

Tahapan penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengenali potensi atau bakat Anda. Ini dilakukan agar Anda lebih mudah memilih jenis olahraga yang sesuai dengan profil DNA. Apalagi dr. Carmen menjelaskan kemajuan teknologi biomolekuler telah melahirkan sebuah alat pengambilan sampel DNA yang dapat mengungkapkan diri Anda yang sesungguhnya.

Kalau melakukan tes DNA kita akan mendapatkan profil diri kita tentang olahraga apa yang cocok dan baik untuk kita lakukan.” Kata dr. Carmen.

Menurut dr. Carmen, tes DNA dapat mengetahui potensi olah raga seseorang, sehingga calon atlet dapat memilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan dirinya. Sebagai contoh, potensi kekuatan ditentukan oleh dua otot, diantaranya fast-twitch dan slow-twitch. Jika Anda dominan fast-twitch maka Anda akan lebih unggul saat melakukan olahraga yang menggunakan kekuatan. Pasalnya fast-twitch lebih efektif dalam menghasilkan tenaga yang besar dalam waktu singkat.

#5 Ketahui Risiko Cedera Otot Tendon Juga Penting!

Selain tahu jenis olahraga yang cocok, Anda juga dapat mengetahui risiko cedera otot tendon. Dimana risiko cedera inilah yang paling sering dialami oleh para atlet apapun. Khususnya bagi Anda yang memiliki variasi tertentu pada gen COL1A1 dan COL5A1 berisiko tinggi mengalami cedera otot tendon, terutama ketika Anda melakukan kegiatan fisik yang berat.

Sudah mengikuti semua langkahnya dan capek latihan pastinya nggak mau dong gugur karena cedera otot? Maka dr. Carmen menyarankan agar Anda mengenali risiko cederanya lebih dulu sehingga dapat melakukan langkah pencegahan sebelum kejadiannya menimpa Anda.

Lalu bagaimana cara tahunya? Tenang aja ya! Soalnya KlikDNA telah menyediakan alat pengambilan sampel, DNA Key yang mudah dan tanpa rasa sakit untuk Anda. Bahkan Anda hanya perlu melakukan pengambilan sampelnya dari rumah saja tanpa bantuan siapapun. 

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai alat pengambilan sampel DNA dari KlikDNA dan prosedurnya, bisa tanyakan langsung ke customer service KlikDNA di nomor 0816307362 atau di email support@klikdna.com.

Nah, dr. Carmen juga menerapkan ini loh saat melatih atlet-atletnya! Kalau sudah tahu 5 kunci sukses dari ahlinya, tunggu apalagi? Ayo, raih mimpi Anda bersama DNA Key sekarang!