Hubungi Kami
Dengan WhatsApp

Yan Nugroho Ecosystem Manager

Benarkah Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat?

Sep 02, 2022

Kopi menjadi minuman pilihan bagi masyarakat modern sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Bahkan diantara Anda pasti sudah familiar dengan ajakan, “Ngopi dulu yuk!” Menurut International Coffee Organization (ICO), kebiasaan mengonsumsi kopi melonjak hingga 174 persen sejak 2016 lalu.

Dr. Seymour Diamond dari Diamond Headache Clinic. AS mengatakan bahwa kandungan kafein pada kopi dapat menghilangkan rasa lelah, mengusir rasa kantuk, dan menstimulasi sistem saraf. Sehingga tidak heran kalau banyak orang yang menjadikan kopi sebagai teman kerja dan begadang.

Selain teman kerja dan begadang, kopi juga seringkali dikonsumsi oleh mereka yang “berdiet”. Banyak orang beranggapan bahwa kopi dapat membantu mereka diet dan lebih cepat dalam menurunkan berat badan. Namun, benarkah hal tersebut? Jika iya, bagaimana dengan orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi kopi? Ayo, temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini.

Kafein Sebagai Stimulan

Mengutip dari buku berjudul “Khasiat Bombastis Kopi”, kopi dipercaya dapat mengontrol berat badan seseorang. Ini dikarenakan kafein dalam kopi dapat menstimulasi metabolisme tubuh. Sebuah studi menyatakan bahwa 100 mg kafein dapat meningkatkan laju metabolisme sebesar 3-4%.

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Mulianah Daya, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K dalam health seminar KlikDNA juga menegaskan bahwa kafein tidak digunakan sebagai pembakar lemak, melainkan kafein berperan sebagai stimulan. Maka jangan diasumsikan kalau minum kopi sambil berbaring dan menonton film akan menurunkan berat badan Anda. Ini adalah pikiran yang sangat keliru!

“Kafein itu tidak untuk membakar lemak, tapi kafein salah satu kerjanya bisa meningkatkan, menstimulasi metabolisme. Jadi jangan berpikir, ketika Anda minum kopi sambil nonton, lalu lemaknya terbakar. Itu salah!” Jelas dr. Mulianah

Menurut dr. Mulia, seseorang dengan variasi genetik tertentu sangat baik mengonsumsi kafein sebelum berolahraga. Pasalnya, kafein dapat meningkatkan hormon endorfin (hormon kebahagiaan) yang dapat membuat Anda lebih bersemangat ketika berolahraga. Mengapa hanya orang tertentu yang efektif melakukannya? Jawabannya karena beberapa orang memiliki metabolisme kafein yang lambat dan pastinya ini akan membahayakan kesehatan Anda, terutama bagi kesehatan jantung.

Respons Kafein Setiap Orang Berbeda

Penting bagi Anda untuk mengingat bahwa kandungan kafein dalam kopi mempunyai efek yang berbeda pada setiap individu. Faktor genetik memiliki peranan penting dalam mengatur asupan kafein harian seseorang. Inilah alasannya mengapa beberapa orang tidak kuat mengonsumsi kafein meski dalam jumlah yang sedikit.

Bagi orang yang memiliki metabolisme kafein yang lambat, setelah menyeruput kopi, jantungnya menjadi berdebar-debar, tremor, atau sulit tidur. Namun variasi tertentu pada gen CYPIA2 akan membuat seseorang memiliki metabolisme kafein yang cepat dan bisa menikmati kopi sampai 3 cangkir per hari tanpa keluhan apapun.

Hasil penelitian yang ditemukan oleh Ahmed El Sohemy, Ph.D., seorang pakar nutrisi dari University of Toronto, Kanada juga menyatakan bagi beberapa orang, minum secangkir kopi saja bisa memicu serangan jantung dalam waktu satu jam setelah meminumnya. Menurut peneliti, kafein menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara. 

Oleh karena itu, mereka yang tidak terbiasa minum kopi dan metabolismenya lambat berisiko mengalami kenaikan tekanan darah yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Sedangkan bagi mereka yang memiliki metabolisme cepat, mengonsumsi kopi justru bermanfaat bagi kesehatan jantung (Journal of American Medical Association, 2006).

DNA Key: Ketahui Batasan Kafein Harian Anda

Saat ini, tes DNA merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat metabolisme kafein dalam tubuh Anda.. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan jumlah asupan kafein harian Anda.

Perusahaan KlikDNA telah menyediakan alat pengambilan sampel DNA berupa DNA Key. Pengambilan sampel DNA-nya sangat mudah, tanpa rasa sakit, dan tidak menimbulkan luka, sehingga sangat aman bila Anda mengambil sampel DNA secara mandiri.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai alat pengambilan sampel DNA dari KlikDNA dan prosedurnya, bisa tanyakan langsung ke customer service KlikDNA di nomor 0816307362 atau melalui email support@klikdna.com.

Segera ketahui batas asupan kafein Anda dan personalisasikan gaya hidup sesuai profil DNA Anda, karena hidup sehat yang optimal dimulai dari DNA Key.