Hubungi Kami
Dengan WhatsApp

Yan Nugroho Ecosystem Manager

76% Pasien Covid-19 Alami Kerusakan Jantung

Nov 02, 2021

Pemberitaan mengenai virus Covid-19 masih menjadi topik terhangat dunia. Ditambah lagi, beberapa peneliti mendapatkan temuan bahwa Covid-19 bukan hanya menyerang sistem pernapasan namun juga menyebabkan kerusakan jantung atau penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari diabetes.co.uk (Mei, 2021), selain penyakit pernafasan, Covid-19 juga merupakan penyakit pembuluh darah. Sebuah studi mengungkapkan bagaimana Covid-19 dapat menyerang sistem pembuluh darah. Selain itu, berdasarkan dari data Hackensack Meridian Health ditemukan sebanyak 76% pasien Covid-19 mengalami kerusakan jantung.

Temuan SciTechDaily juga mengatakan bahwa efek pada sistem pernapasan yang selama ini Anda rasakan adalah akibat dari peradangan jaringan pembuluh darah di paru-paru. Dimana salah satu faktor risiko utamanya diakibatkan oleh faktor genetik dan bukan usia. 

Nah, kira-kira apa ya alasannya sehingga usia tidak menjadi faktor utama? Siapa saja yang berisiko mengalami penyakit vaskular ketika terinfeksi Covid-19? Lalu adakah langkah pencegahannya? Penasaran? Temukan jawaban dari pertanyaan Anda pada artikel berikut ini! 

Penyakit Vaskular Pada Pasien Covid-19

Menyetujui temuan Hackensack Meridian Health dan SciTechDaily, dr. Vicky Nanu Rewa, Sp.JP sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, menyatakan hal serupa pada Health Seminar yang diadakan oleh KlikDNA. 

Menurutnya, dengan kecanggihan teknologi inilah Anda dapat mengetahui bahwa Covid-19 dapat menyerang sistem pembuluh darah yang pada akhirnya menimbulkan penyakit vaskular.

Tentu saja pasien Covid-19 yang mengalami penyakit vaskular bukan hanya orang dengan usia 40-70 tahun saja, tetapi juga bagi Anda yang masih berusia 20 tahun. Bahkan, hal ini dialami langsung oleh Dokter Vicky dimana ada seorang pasien muda meminta pertolongan karena terkena serangan jantung.

Dokter Vicky juga menegaskan bahwa kasus tersebut bisa saja terjadi mengingat adanya faktor genetik yang memengaruhinya. Nyatanya, ada variasi genetik tertentu yang ketika Anda terinfeksi Covid-19 akan merasakan gejala yang lebih berat. 

“Penelitian semakin canggih, mereka melihat adanya faktor genetik pada pasien Covid. Ada beberapa variasi genetik tertentu yang ketika dirinya terinfeksi Covid-19 maka risikonya akan lebih berat dan ada pula individu tertentu yang ketika terinfeksi akan baik-baik saja.” Katanya.

Dokter Vicky juga menambahkan bahwa sekarang ini teknologi sudah semakin canggih sehingga Anda bisa mengetahui risiko terkena penyakit vaskular. Dengan begitu juga, Anda sudah berkontribusi menekan angka kematian akibat penyakit vaskular.

Apakah Anda Salah Satunya?

Lain daripada itu, sebuah penelitian di Singapura menemukan, orang yang telah pulih dari Covid-19 berisiko mengalami penggumpalan darah karena sistem kekebalan yang terlalu aktif. Maka orang yang berisiko terkena penyakit vaskular cenderung memiliki tingkat kekentalan darah (d-dimer) yang lebih tinggi ketika dirinya terinfeksi Covid-19.

Seandainya kita tahu data ini lebih awal pasti tidak akan sebanyak ini dan mungkin saja angkanya bisa kita turunkan. Ternyata sekarang ini kita lihat data dunia bahwa mereka sekarang ini melihat adanya peran gen terhadap penyakit jantung.” Kata Dokter Vicky.

Beberapa penyakit vaskular yang dapat mengintai Anda diantaranya hipertensi, henti jantung mendadak, stroke, trombosis, hingga penyakit jantung koroner. Sebagai contoh, seseorang dengan variasi tertentu pada gen SERPINE1, FGG, F5, MTHFR, F5, dan ABO lebih berisiko mengalami trombosis atau penggumpalan darah. Nah, ketika Anda sudah mengetahui risikonya, Anda bisa langsung konsultasikan ke dokter Anda. 

Menurut Dokter Vicky, saat ini tes DNA banyak digunakan para ahli medis untuk mengetahui risiko suatu penyakit dalam tubuh pasiennya. Sehingga, para dokter dapat mendesain strategi pencegahan yang tepat dan menentukan pengobatan yang sesuai profil DNA.

Kabar baiknya lagi yaitu KlikDNA telah menyediakan alat pengambilan sampel DNA yang dikenal dengan nama DNA Key. Tentunya dengan DNA Key Anda dapat melakukan pengambilan sampel dari rumah saja sehingga dapat meminimalisir risiko terkena Covid-19.

Makin penasaran bagaimana mendapatkan DNA Key? Jangan khawatir! Karena kamu bisa langsung hubungi customer service KlikDNA di nomor 0816307362 atau melalui email kami di support@klikdna.com. 

Ketahui variasi genetik lainnya dan lihatlah apakah Anda salah satunya? Jadi tunggu apalagi? Mulailah ambil DNA Key sekarang!